Sabtu, 30 Mei 2015

Beautiful BANYUWANGI

video

Banyuwangi terletak di paling ujung timur pulau jawa, perbatasan langsung dengan selat bali di sebelah timur, laut jawa disebelah utara, samudera hindia sebelah selatan, dan kabupaten bondowoso disebelah barat. Saat ini pemerintah daerah BANYUWANGI sedang giat - giatnya mempromosikan daerah BANYUWANGI. Dan BANYUWANGI pun belakangan ini banyak sekali mendapatkan penghargaan baik dari pemerintah pusat maupun International.
Dalam hal pariwisata BANYUWANGI mempunyai beberapa spot wisata yang tidak kalah indah dan cantiknya dibandingkan BALI, LOMBOK, ataupun daerah - daerah lain yang sudah terkenal di Mancanegara. Bahkan ada spot wisata di Banyuwangi mendapatkan peringkat terbaik no 2 di dunia setelah hawai.
Saat ini BANYUWANGI dapat ditempuh dengan berbagai moda transportasi, dari darat, laut, dan udara.

Dari udara BANYUWANGI mempunyai Blimbingsari Airport.
Saat ini rute yang bisa ditempuh untuk ke BANYUWANGI dari SURABAYA, dan DENPASAR.
Sedangkan harga tiket SURABAYA - BANYUWANGI berkisar antara Rp. 500.000,- s/d  Rp. 800.000,- /org. untuk yang dari DENPASAR BALI - BANYUWANGI harga tiket berkisar di harga Rp. 300.000,- / org
Sumber : www.traveloka.com

Lewat darat BANYUWANGI dapat ditempuh salah satunya dengan kereta api. Saat ini rute yang langsung dapat ditempuh menuju BANYUWANGI melalui SURABAYA, JOGYAKARTA, MALANG. Untuk dari JAKARTA (untuk jalur utara) sampai stasiun SURABAYA Pasar Turi, trus pindah ke Stasiun SURABAYA Gubeng dan melanjutkan perjalanan ke BANYUWANGI Kota. Sedangkan yang melalui jalur selatan, tidak perlu pindah stasiun lagi, karena akan berhenti di Stasiun SURABAYA Gubeng.Perjalanan dari SURABAYA menuju BANYUWANGI memerlukan waktu tempuh kurang lebih 6 (enam) jam dengan kereta api.Adapun harga tiket ke BANYUWANGI dari SURABAYA sebagai berikut :
- Mutiara Timur malam (Bisnis)  Rp.  150.000,-
- Sri Tanjung (ekonomi AC)  Rp.  100.000,-
- Mutiara Timur malam (Executive)  Rp.  200.000,-

Untuk yang dari JOGYAKARTA dapat menggunakan kereta Sri Tandjung langsung JOGYAKARTA - BANYUWANGI dengan tarif ekonomi biasa (Rp. 100.000,-)

Dari kota MALANG pun tersedia kereta langsung menuju BANYUWANGI dengan nama kereta Tawang Alun, adapun tarif kereta Tawang Alun MALANG - BANYUWANGI yaitu Rp.  65.000,-
*sumber www.tiket.com

Kalo lewat laut BANYUWANGI dapat ditempuh melalui pelabuhan penyeberangan Ketapang - Gilimanuk BALI. adapun harga Fery sbb :
- Dewasa Rp. 7.500,-
- Anak2 Rp. 5.000,-
- Motor ( < 500cc) Rp. 24.500,-
- Motor ( > 500 cc) Rp. 37.500,-
- Mobil Rp.  148.000,-
*Sumber dari www.indonesiaferry.co.id.
Dan dari DENPASAR - GILIMANUK bisa ditempuh menggunakan bus atau kendaraan darat lainnya. Biaya nya kurang lebih Rp.30.000,- dan memerlukan waktu perjalanan sekitar 4 jam.

Tempat wisata di BANYUWANGI

Ada beberapa destinasi wisata yang sangat menarik di BANYUWANGI. nanti akan kita bahas satu per satu dari keindahan alamnya, lingkungannya, dan berapa biaya yang diperlukan. Kita mulai dari Gunung Ijen terlebih dahulu

IJEN
Gunung Ijen adalah gunung berapi aktif yang mempunyai ketinggian 2.443 mdpl (meter diatas permukaan laut).Untuk menuju ke IJEN dapat ditempuh dari BANYUWANGI ataupun dari KAB.BONDOWOSO

Dari BANYUWANGI bagi yang naik Kereta Api bisa turun di Stasiun BANYUWANGI Karang Asem. Dari Karang Asem naik Ojek ke kec.Licin desa BanyuSari kurang lebih Rp. 45.000,- . Dari Desa banyusari ini perjalanan dilanjutkan ke Paltuding dengan menumpang truck pengangkut belerang. Di paltuding ini merupakan pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam), di pos ini kita membayar tiket masuk ke Kawasan Taman Lindung kawah  IJEN tourist domestic Rp. 5.000,-/org untuk tourist mancanegara Rp. 150.000,-/org. disini juga terdapat berbagai macam pondok wisata dan warung yang menjual berbagai macam keperluan pendakian. Dari Paltidung ke kawah IJEN berjarak kurang lebih 3 km, dengan medan menanjak dan kemiringan 25- 35 derajat. Disamping itu struktur tanahnya juga berpasir, sehingga menambah beratnya medan pendakian. Sampai pada pos Bunder untuk istirahat. Dinamakan Pos Bunder karena tersebut berbentuk lingkaran, dari sini menuju kawah IJEN medannya relatif landai. Dan hamparan pemandangan yang indah sekali

Salah satunya pemandangan kegiatan pertambangan belerang dari masyarakat sekitar. Disini belerang merupakan mata pencaharian bagi masyarakat. Pemandangan ini dapat dinikmati jika kita melewati ini disaat pagi hari.Dinginnya udara pegunungan di pagi hari  ditambah dengan sejuknya embun pagi yang bercampur dengan aroma belerang dan hamparan pemandangan sangat indah

 menambah kesempurnaan di pagi hari ini diatas kawah IJEN. Segala kepenatan sirna sudah dan tergantikan dengan keindahan yang maha sempurna yang terhampar luas. hanya ada satu kata untuk menggambarkan ini semua SEMPURNA. Keindahan kawah IJEN tidak hanya dapat dinikmati di pagi hari, tapi malam hari pun keindahan kawah IJEN juga sangat indah, dengan BLUE FIRE nya.

BLUE FIRE ini hanya dapat dinikmati dari tengah malam hingga pagi menjelang. BLUE FIRE ini terjadi karena percampuran elemen api dengan uap / gas dari belerang. Hanya ada 2 BLUE FIRE di dunia ini pertama di ALASKA yang kedua di kawah IJEN. Sangat disarankan untuk tiba di kawah IJEN tengah malam sambil menunngu terbitnya fajar. Sunrise di kawah IJEN juga sangat indah.
Berikut perkiraan perhitungan biaya yang dikeluarkan.
dari Stasiun BANYUWANGI Karangasem
- ojek ke kec licin Rp. 45.000,-
- licin ke paltuding gratis (numpang truck belerang)
- tiket tourist local Rp. 5.000,-
- makan Rp. 25.000,-
Total biaya dr stasiun BANYUWANGI Karangasem Rp. 75.000,-

Sedangkan dari Stasiun BANYUWANGI Baru / Pelabuhan Ketapang
- naik LIN ( angkutan kota) ke terminal kota Rp. 3.000,-
- naik LIN (angkutan kota) ke terminal Karang Asem Rp. 3.000,-
- naik ojek ke Licin Rp. 45.000,-
- naik angkutan belerang ke Paltuding (gratis)
- bayar tiket masuk Rp. 5.000,-
- makan 2x Rp. 50.000,-
Total biaya dari stasiun BANYUWANGI BARU / Pelabuhan KETAPANG Rp. 106.000,-

BALURAN


BALURAN merupakan salah satu taman wisata terluas di Indonesia dengan luas +/- 300 ha. Dengan latar belakang Gunung BALURAN, dan hamparan padang Savana terluas di P.Jawa, Taman nasional BALURAN juga menghadirkan berbagai satwa disana diantaranya yang terkenal adalah Banteng jawa yang hampir punah dan hanya ada di Taman Nasional baluran. Selain itu di Taman Nasional BALURAN juga terdapat pantai yang indah, dang Gua Jepang sebagai peninggalan sejarah Perang Dunia ke 2. Dahulu Gua Jepang ini digunakan oleh tentara Jepang sebagai benteng pertahanan dan tempat penyimpanan Amunisi.

Pemandangan indah gunung BALURAN dengan hamparan padang savana dapat disaksikan lebih luas melalui Menara Pandang. Dari sini semua pemandangan indah itu terlihat begitu mempesona. Sungguh pemandangan yang tidak akan pernah terlupakan. Menara pandang berjarak beberapa ratus meter saja dari pintu masuk Taman Nasional BALURAN. Dari Menara pandang tersedia Binokuler untuk melihat panorama Gunung Baluran, Savana Bekol, dan pantai Bama indah sekali layaknya bersafari di Afrika

Ketika pagi hari kan terasa sempurna sekali ketika melihat panorama alam BALURAN karena selain Panoramanya alamnya, banyak pula berbagai satwa di BALURAN yang berkeliaran. menambah indahnya panorama BALURAN, seperti burung merak (Pavo muticus), ayam hutan (Gallus sp), berbagai jenis burung lainnya, dan icon baluran tentunya Banteng jawa (Bos javanicus). Disarankan menggunakan kendaraan untuk menuju dan mengelilingi Taman Nasional BALURAN. baik itu sepeda motor maupun mobil.

Biaya berwisata ke BALURAN :
Dari Banyuwangi bisa naik LIN ke ketapang Rp. 3.000,- dari ketapang naik Bus tarif Rp.25.000,-sampai pintu gerbang BALURAN bayar ticket masuk :
- Domestic Rp 5.000,-
- Mancanegara Rp. 25.000,-
- Kendaraan Rp 7.500,-
tapi kalo Backpacer an sangat tidak disarankan karena perjalanan ke dalam menempuh jarak +/- 12 km dan berbahaya, karena banyak satwa liar berkeliaran.

Naik sepeda motor sewa :
- Rp. 75.000,-/hari
- bensin Rp.25.000,- full tank
- tiket masuk Rp. 5.000,-
- tiket kendaraan Rp. 7.500,-
- makan 3x Rp 75.000,- s/d Rp.       100.000,-








SNORCKLING, FISHING AND CAMPING di PULAU TABUAN DAN MENJANGAN

P.MENJANGAN terletak di BALI utara. dapat ditempuh melalui P.BALI maupun dari BANYUWANGI. Yang saya lakukan berangkat dari dari ketapang BANYUWANGI. P.MENJANGAN menawarkan banyak sekali keindahan, baik alamnya (daratan) maupun bawah lautnya. Kenapa dinamakan P.MENJANGAN ?? karena disini banyak sekali dihuni oleh kawanan menjangan (rusa) liar yang dilindungi oleh pemerintah bali. Di P.MENJANGAN sendiri terdapat pura yang sangat "dikeramatkan" oleh warga BALI. Dari BANYUWANGI, perjalanan dapat ditempuh dengan waktu 1,5 jam dengan perahu wisata yang indah untuk ukuran perahu lokal. Harga perahu menuju PMENJANGAN DAN TABUAN dari BANYUWANGI sebagai berikut :

  1. IDR 550.000/pax (max 10 orang ) sewa perahu + joki kapal 
  2. IDR 750.000/pax (max 10 orang) sewa perahu + kopi 1 termos + minum (aqua) + joki perahu + guide
  3. IDR 950.000/pax (max 10 orang) Sewa perahu + kopi/minuman dingin + makan 1x aqua +joki perahu + guide + alat2 (snorckling/fishing)
Sepanjang perjalanan dari BANYUWANGI ke P.TABUHAN dan P.MENJANGAN banyak disuguhi pemandangan yang menarik sekali. dari "pertunjukan" ikan lompat, karang2 dan trumbu karang serta ikan - ikan di perairan dangkal yang cantik dan beraneka warna, hingga indahnya perbukitan di pinggir pantai yang hijau mengehampar daratan.


Setelah 1 jam setengah lamanya menikmati pemandangan akhirnya kita tiba juga di P.MENJANGAN.
Disini kita bisa FISHING, NORCKLING, bahkan DIVING. dengan paket 3 dari pengelola paket wisata kita tidak perlu lagi mikir untuk membawa makanan atau kelaparan ditengan laut, karena sudah disediakan makanan. Keindahan bawah laut P.MENJANGAN dan P.TABUAN terpampang dengan jelas dari permukaan lautnya.Setelah asyik bersnockling ria di P.MENJANGAN 
kita dapat pula melanjutkan diving di spot - spot yang indah di sekitar P.MENJANGAN atau P.TABUAN. Tidak sedikit juga para wisatawan yang melakukan FISHING di sekitaran P.TABUAN  dan P.MENJANGAN. Setelah seharian ber SNOCKLING, DIVING/ FISHING ria dimalam hari kita pun dapat pula camping di P. TABUAN. Selama ini saya sering sekali camping di gunung sehingga kegiatan camping di P.TABUAN ini merupakan hal baru bagi saya, dan ini sangat mengasyikkan sekali
tidur beralaskan putihnya pasir pantai dengan bintang - bintang yang bertebaran di langit dan bermusikkan deburan ombak pantai benar - benar pengalaman yang luar biasa.
Kalo kita bikin perbandingan harga yang ditawarkan oleh pihak Tour and travel dengan pengalaman yang kita dapat sangatlah murah sekali. Biaya yang dibutuhkan untuk ber SNOCKLING, DIVING,FISHING dan CAMPING :

  1. Hotel IDR 115.000,-
  2. LIN (Angkutan kota) IDR 3000,-
  3. PAKET WISATA IDR 950.000,- dibagi 10 orang @ IDR 95.000,-
Total yang dihabiskan untuk untuk SNORCKLING,DIVING,FISHING dan camping 2 hari 1 malam IDR 208.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar